A Note While Diving In The Deep Sorrow, part 1

“………..let’s live in the moment. When one door closes, another one opens. So let’s live in the moment. No point holding onto what’s broken……………..”

 

“All the time you been wasting. Day in the waste………………….It’s time you replace them……”

 

“Don’t carry the weight of all the problems we had yesterday…….”

 

” ‘Cause the moment it is all we got”

(~ nice lyrics of two beautiful creatures, C.D and G.L)

########################

“Wahai guru, bagaimana caranya melupakan hal yang menyakitkan di masa lalu?”

“Anakku yang sedang merana hatinya, kemampuan mengingat sesuatu adalah salah satu fungsi otak manusia. Menghilangkan daya ingat akan satu hal bisa berakibat pada hilangnya memori yang lain yang bisa jadi indah dan berguna. Maka kuncinya adalah memaafkan serta mengikhlaskan. Dengan memaafkan sebenarnya membuang beban berat yang menggantung di hatimu. Dengan mengikhlaskan engkau menyerahkan segala keberatan dan sakit hati kepada Dia Yang berkehendak menakdirkan semua itu terjadi.”

(O Lord…….)

 

“Jika engkau sudah mulai belajar memaafkan dan mengikhlaskan walaupun ingatan saat menyakitkan di masa lalu itu datang, engkau sudah mulai bisa berjarak darinya dan tidak merasakan sakit yang sama.”

 

Jadilah putra sang waktu yang selalu mengalir dengan penyerahan diri yang indah pada setiap masa penciptaan. Berjalanlah dengan hati yang ringan tanpa membawa beban dendam dan sakit hati dari masa lalu, dengannya hidupmu akan lebih bahagia dan ragamu akan lebih sehat.”

~ Maulana Jalaluddin Rumi pernah menyatakan sebagai berikut : “Jika kau terlalu sibuk melihat masa lalumu, atau bahkan cemas terhadap kehidupan masa mendatang, kau tidak akan melihat-Nya. Dan jika kau melupakan-Nya, hidup ini tak layak kau jalani.”

 

————– (Credit to : T. Sitorini and A. Adlin; Posted : 29th October 2016_Rumi Institute on Facebook)—————————

 

Iklan

Tentang Hening Darwis

Menyimak. Mendengarkan. Catatan. Kutipan. Salinan. Notes. Excerpts. Islamic. Tashawwuf. Sufism. Darwis.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.