Hadits-hadits tentang Shalawat

* Rasulullah Saw bersabda,”Sesungguhnya manusia yang paling utama di sisiku kelak di Hari Kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.”(HR. At-Tirmidzi dari Ibn Mas’ud r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah menurunkan sepuluh rahmat kepadanya.”(HR. Muslim dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian semua adalah hari Jumat. Maka, perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari itu karena sesungguhnya bacaan shalawat kalian diperlihatkan kepadaku.” Para sahabat bertanya,”Ya Rasulullah, bagaimana bacaan shalawat kami diperlihatkan kepadamu, sedang jasadmu telah bercampur dengan tanah?” Beliau menjawab,”Sesungguhnya Allah mengharamkan kepada bumi memakan jasad para nabi.”(HR. Abu Dawud dari Aus bin Aus r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Perbanyaklah oleh kalian membaca shalawat di malam hari Jumat dan siangnya, karena shalawat kalian disampaikan kepadaku.”(HR. Ath-Thabrani)

* Rasulullah Saw bersabda,”Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat, karena shalawat umatku disampaikan kepadaku setiap hari Jumat. Barangsiapa dari kaian paling banyak membaca shalawat kepadaku, maka ia adalah orang yang terdekat kedudukannya denganku.”(HR. Al-Baihaqi dari Abu Umamah r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa bershalawat kepadaku di ari Jumat seratus kali, maka ia datang di Hari Kiamat dengan cahaya, (yang) andaikata dibagi antara makhluk semuanya, maka cahaya itu akan memenuhinya.”(HR. Abu Na’im dalam Hilyah al-Auliya dari Ali dari ayahnya dari kakeknya r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa bershalawat kepadaku pada hari Jumat dua ratus shalawat maka diampuni baginya dosa dua ratus tahun.”(HR. Ad-Dailami dari Abu Dzar r.a)

* Abu Hurairah r.a menuturkan bahwa ia mendengar Rasulullah Saw bersabda,”Janganlah kalian menjadikan kuburku sebagai persidangan Hari Raya. Bershalawatlah kepadaku, karena shalawat kalian sampai kepadaku di mana saja kalian berada.”(HR. An-Nasa’i, Abu Dawud, Ahmad, dan dishahihkan oleh An-Nawawi dari Abu Hurairah r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Orang yang bakhil atau kikir adalah orang yang tidak membaca shalawat kepadaku bila mendengar namaku disebut.”(HR. At-Tirmidzi dari Ali bin Abi Thalib r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Setiap kali seseorang mengucapkan salam kepadaku, maka Allah mengembalikan ruhku, sehingga aku bisa menjawab salamnya.”(HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah r.a)

* Dituturkan dari Fadhalah bin Ubaid r.a bahwa Rasulullah Saw mendengar seseorang berdoa sewaktu shalat, tetapi tidak mengagungkan nama Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi Saw. Rasulullah Saw bersabda,”Orang ini tergesa-gesa.” Kemudian beliau memanggilnya sambil berkata kepadanya dan kepada yang lain,”Bila salah seorang dari kalian berdoa, maka hendaklah ia memulai dengan memuji dan menyanjung Tuhannya Yang Mahasuci, kemudian membaca shalawat kepada Nabi Saw dan kemudian berdoa sekehendak hati.”(HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

* Rasulullah Saw bersabda,”Bershalawatlah kalian kepadaku, karena shalawat kalian menjadi zakat (yakni, pembersih dosa) bagi kalian.”(HR. Ibn Mardawaih)

* Rasulullah Saw bersabda,”Jika kalian mendengar muazin menyerukan azan, maka jawablah dengan bacaan yang sama. Sesudah selesai, bershalawatlah kalian kepadaku.”(HR Ahmad dan Muslim)

* Rasulullah Saw bersabda,”Sesungguhnya doa berhenti di antara langit dan bumi. Tidak naik barang sedikit pun darinya sampai engkau bershalawat kepada nabimu.”(HR. Ar-Tirmidzi)

* Rasulullah Saw bersabda,”Setiap doa terhalang sehingga bershalawat atas Nabi Muhammad dan keluarganya.”(HR At-Thabrani dalam kitab al-Ausath as-Safinah al-Qadiriyyah, hlm. 10)

* Dituturkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah Saw bersabda,”Di antara doa dan langit ada hijab yang menghalangi sampai dibacakan shalawat kepada Nabi Saw. Jika dibacakan shalawat kepada Nabi Saw, maka terbukalah hijab dan masuklah doa itu. Jika tidak dibacakan shalawat, maka doa itu akan kembali lagi.”(HR. Anas bin Malik dalam kitab Durrah an-Nashihin, hlm. 17)

* Rasulullah Saw bersabda,”Setiap pekerjaan yang baik dan tidak dimulai dengan hamdalah dan shalawat akan terputus dan hilang keberkahannya.”(HR. Abu Hurairah r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Jika telinga salah seorang dari kalian mendengung, maka hendaklah ia mengingatku dan bershalawat kepadaku.”(HR. Ibn Sunni)

* Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa bershalawat kepadaku di pagi hari sepuluh kali dan di sore hari sepuluh kali, maka ia berhak mendapatkan syafaatku di Hari Kiamat.”(Al-Hadits)

* Dituturkan oleh Hasan bin Ali r.a bahwa Rasulullah Saw bersabda,”Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku, karena sesungguhnya shalawat kalian akan memberikan ampunan bagi dosa-dosa kalian dan carilah wasilah dan derajat di sisiku. Sesungguhnya wasilah di sisi Tuhanku adalah syafaat bagi kalian.”(HR. Hasan bin Ali r.a dalam kitab Durrah an-Nashihin, hlm 110)

* Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa bershalawat kepadaku di sisi kuburku, maka aku mendengarnya. Barangsiapa bershalawat kepadaku dari jauh, maka shalawat itu diserahkan oleh malaikat yang menyampaikan kepadaku, dan ia dicukupi urusan dunia dan akhiratnya, dan aku menjadi saksi dan pembela baginya.”(HR. al-Baihaqi dan al-Khathib dari Abu Hurairah r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Jika sekelompok orang duduk dalam sebuah majelis, sementara mereka tidak menyebut atau mengingat Allah dan tidak bershalawat kepada nabinya (yakni, Nabi Muhammad Saw), maka mereka menderita kekurangan. Bila Allah menghendaki, niscaya Dia akan menyiksa mereka; dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia akan mengampuni mereka.”(HR. At-Tirmidzi dan Abu Dawud)

* Diriwayatkan dari asy-Syafi’i dan ad-Daruquthni bahwa seseorang disuruh membaca shalawat kepada Nabi Saw sesudah ia selesai membaca talbiyahnya dalam segala keadaan.

* Dituturkan dari Jabir r.a bahwa Rasulullah Saw bersabda,”Jika sekelompok orang duduk dalam sebuah majelis dan kemudian bubar tanpa bershalawat kepadaku, maka mereka berpisah layaknya menebar bau busuk bangkai.”(HR. Jabir dalam kitab Durrah an-Nashihin, hlm. 149)

* Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa bershalawat kepadaku dalam sehari seratus kali, maka Allah memenuhi baginya seratus hajat atau kebutuhan : tujuh puluh untuk akhiratnya, dan tiga puluh untuk dunianya.”(HR. Ibn an-Najjar dari Jabir r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa bershalawat kepadaku seribu kali sehari, maka ia tak akan mati sampai ia digembirakan dengan surga.”(HR. Abu Syaikh dari Anas r.a)

* Rasulullah Saw bersabda,”Jika seorang Muslim tidak punya sedekah, maka ucapkanlah dalam doanya : Allahumma shalli ‘ala Muhammadin ‘abdika wa rasulika wa shalli ‘alal-mu’minina wal-mu’minati wal-muslimina wal-muslimati. Sungguh yang demikian itu adalah zakat baginya.”(HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, Ibn Majah, Ibn Hibban, dan al-Hakim dari Abu Sa’id r.a)

* Diriwayatkan dari Rasulullah Saw bahwa beliau Saw bersabda,”Datang kepadaku Malaikat Jibril, Malaikat Israfil, Malaikat Izra’il, dan Malaikat Mika’il. Malaikat Jibril berkata,’Ya Rasulullah, barangsiapa bershalawat kepadamu sepuluh kali, maka aku akan membantunya dan menolong urusannya dalam meniti jembatan (ash-shirath).’ Malaikat Mika’il berkata,’Aku akan memberinya minum dari telagamu.’ Malaikat Israfil berkata,’Aku akan bersujud kepada Allah dan tidak akan mengangkat kepalaku sampai ia diampuni oleh Allah.’ Malaikat Izra’il berkata,’Aku akan memegang ruhnya seperti aku memegang ruh-ruh para nabi.'”(Sebuah hadits dalam kitab Durrah an-Nashihin, hlm. 33)

* Dituturkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa lupa bershalawat kepadaku, maka ia akan lupa jalan menuju surga.”(Hadits ini diriwayatkan dari Abu Hurairah dalam Durrah an-Nashihin, hlm. 149)[]

(* Dikutip dari : “135 Shalawat Nabi : Keutamaan, Tatacara, dan Khasiatnya”; K.H. Habib Syarief Muhammad Alaydrus; 2013)

~ Catatan- catatan sebelumnya :

[1] Dicintai Allah dengan Shalawat | Suluk

[2] Shalawat dalam Suluk

[3] Mencintai Rasulullah Saw | Suluk

[4] Hakikat Mengikuti Rasulullah Saw. (menurut Syaikh Ibnu Athaillah) | Suluk

————————————-  # Judul-judul catatan lain, termuat dalam : Reblogged : DAFTAR ISI

Iklan

Tentang Hening Darwis

Menyimak. Mendengarkan. Catatan. Kutipan. Salinan. Notes. Excerpts. Islamic. Tashawwuf. Sufism. Darwis.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di cinta kepada Rasulullah Saw, Hadits, Jalan Suluk, Rasulullah Saw, rindu kepada Rasulullah Saw, sufism; tashawwuf, Suluk, Syariat dalam Suluk dan tag , , . Tandai permalink.